cover
Contact Name
Elana Era Yusdita
Contact Email
elaradita@unipma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
elaradita@unipma.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan
ISSN : 23026251     EISSN : 24774995     DOI : -
ASSETS is an accounting term that means property. Together with the hope and spirit of our study program, ASSETS is expected to be a valuable repository that holds the results of thinking and research in the field of accounting and education. Our accounting and education sub-areas include financial accounting, management accounting, public sector accounting, accounting information system, auditing, taxation, accounting sharia, entrepreneurial accounting, banking accounting, innovation in accounting learning. This is in line with the vision of an accounting education study program mission that wants to create a well-characterized and independent educator, integrating the pure accounting and education science.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2014)" : 11 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MINAT PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BKKBN KABUPATEN MADIUN Tuti Hariyani
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.32 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1219

Abstract

Agar teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja organisasi atau institusi yang melakukan investasi, teknologi ini harus dapat diterima dan digunakan terlebih dahulu oleh pemakai-'pemakainya sehingga besarnya dana yang dipakai dalam melakukan investasi atas teknologi informasi, akan diimbangi dengan kinerja individual anggota organisasi atau institusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanative research. Populasi penelitian adalah pegawai BKKBN Kabupaten Madiun yang berjumlah 32 orang. Teknik sampling adalah purposive sampling dan menggunakan alat uji statistik Regresi Linier, dengan variabel independen Penggunaan Teknologi Informasi dan Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi, serta variabel dependen Kinerja Pegawai BKKBN. Hasil dari penelitian ini adalah dari 32 responden diketahui bahwa nilai t hitung variabel Penggunaan Teknologi Informasi adalah 1,880 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,039., hal ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel Penggunaan Teknologi Informasi terhadap variabel terikat Kinerja Pegawai BKKBN, nilai t hitung variabel Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi adalah 2,922 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007, hal ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap variabel terikat Kinerja Pegawai BKKBN Kabupaten Madiun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Penggunaan Teknologi Informasi dan Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Pegawai BKKBN Kabupaten Madiun
PENGARUH PEMANFAATAN BUKU PENUNJANG DAN JAM TAMBAHAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 1 WUNGU KABUPATEN MADIUN Harum Dwi Febriyanti; Supri Wahyudi Utomo; Juli Murwani
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.819 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh buku penunjang dan jam tambahan belajar, baik secara bersama-sama ataupun secara mandiri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS pada SMAN 1 Wungu Kabupaten Madiun. Buku penunjang yang dilakukan siswa di dalam kelas dan bimbingan yang dilakukan guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua siswa kelas XII pada SMAN 1 Wungu jurusan IPS jumlahnya 57 orang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesiones/angket dan dokumentasi. meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi berganda. Dalam menganalisis data mengguankan bantuan program SPSS For Windows versi 16.0 dengan rumus regresi linier berganda dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dianalisis menggunkan uji t dan uji F dengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku penunjang berpengaruh positif tapi sangat kecil dan tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Sedangkan jam tambahan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar maka dapat disimpulkan bahwa jam tambahan belajar di luar sekolah mempengaruhi hasil belajar secara signifikan dan positif sehingga apabila jam tambahan belajar  ditingkatkan maka hasil belajar juga akan meningkat secara signifikan. Dan juga buku penunjang dan jam tambahan belajar di luar sekolah secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar karena hasil signifikan dan juga positif sehingga, apabila buku penunjang dan jam tambahan belajar ditingkatkan maka akan meningkatkan hasil belajar secara signifikan.
PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr.HARJONO PONOROGO Zaskia Tristiana Anggraini; Elva Nuraina
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.305 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1220

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Harjono Ponorogo merupakan rumah sakit rujukan pelayanan kesehatan di daerah sekitar Kota Ponorogo. Pengukuran kinerja rumah sakit didasarkan pada standar nasional pelayanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu hanya menilai kinerja dari aspek keuangan.  Untuk itu diperlukan adanya pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard, dimana alat pengukuran kinerja ini mencakup semua aspek yang kemudian dikelompokkan menjadi empat perspektif utama yaitu: perspektif keuangan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan balanced scorecard yang ditinjau dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebagai alat ukur kinerja pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Harjono Ponorogo.Pengujian penelitian ini untuk mengukur kinerja RSUD Dr.Harjono, analisis kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang ditinjau dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian kombinasi dengan jenis data ordinal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer tahun 2011-2013 pada RSUD Dr.Harjono Ponorogo untuk menganalisis prespektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta prespektif pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan pada tingkat kepuasan karyawan dilakukan analisis melalui kuisioner.      Hasil dari keseluruhan pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada RSUD Dr.Harjono Ponorogo pada tahun 2011-2013 berada dalam kondisi Sangat Sehat kategori A dengan total score 76,24%.  Hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja RSUD Dr.Harjono menunjukan hasil cukup baik pada prespektif keuangan tapi perlu ditingkatkan pada rasio efisiensi, pada prespektif pelanggan menunjukkan hasil yang cukup baik pada tingkat customer retention namun pada tingkat profitabilitas pelanggan dan customer aquisition menunjukan hasil yang kurang baik, pada prespektif proses bisnis internal menunjukkan hasil cukup baik, demikian juga pada prespektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang baik dengan tingkat kepuasan karyawan 69,08%. Dari data penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan balanced scorecard, rumah sakit dapat mengukur kinerja dengan lebih komprehensif, sehingga dapat meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang
KEMAMPUAN KOMPONEN LABA DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA DEPAN Silvia Nur Indahyanti; Anggita Langgeng Wijaya
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.983 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai kemampuan prediksi laba, arus kas, dan total akrual secara parsial ataupun secara simultan terhadap laba masa depan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan perbankan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan perbankan. Penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Regresi pertama merupakan regresi prediksi laba yang menguji kemampuan laba dalam memprediksi laba masa depan. Regresi kedua merupakan regresi prediksi laba yang menguji kemampuan arus kas dan total akrual dalam memprediksi laba masa depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan, arus kas secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan, dan total takrual secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa informasi akan laba, arus kas operasi, dan total akrual bermanfaat bagi pengguna laporan keuangan untuk memprediksi laba masa depan perusahaan
PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN KEADILAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MADIUN Rita Yuliana; Isharijadi Isharijadi
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.421 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif dan keadilan pajak orang pribadi secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak penghasilan di KPP PRATAMA Madiun.Populasi penelitian ini sejumlah 39.390 wajib pajak orang pribadi yang tepat waktu dalam membayar pajak penghasilan orang pribadi  di KPP PRATAMA Madiun. Sampel dalam penelitian berjumlah 482 respoden dengan teknik Random atau sampel acak di Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Madiun. Norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama madiun. Keadilan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Madiun. Secara bersama-sama variabel sikap, norma subjektif dan keadilan wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Madiun
PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA/SMK DI KOTA MADIUN Budi Sri Supeni
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.647 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1217

Abstract

Untuk meningkatkan kinerja guru dalam suatu sekolah dibutuhkan beberapa faktor, diantaranya total quality management dan kedisiplinan.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total quality management dan kedisiplinan berpengaruh secara bersama-sama, secara parsial terhadap kinerja guru. Pengukuran terhadap TQM, kedisiplinan dan kinerja guru diperoleh dari penyebaran instrumen angket.  Penelitian ini menggunakan data primer dan  kwantitatif dari 720 guru SMA/SMK  di kota Madiun diambil 80 guru dengan pengolahan data regresi beganda.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelum maupun sesudah memasukan variabel kontrol, ditemukan bahwa variabel indipenden, total quality management (TQM), dan kedisiplinan guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Total quality management yang merupakan variabel kontrol juga mempengaruhi kinerja guru sebesar 21,6%, dan kedisiplinan guru juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 56,9%. Sehingga dapat disimpulkan jika total quality management dan kedisiplinan guru yang baik maka semakin baik pula kinerja guru SMA/SMK di kota Madiun.Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi guru, sekola, dinas pendidikan dan instansi terkait untuk meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan/siswa dan peningkatan kinerja guru
REBUDGETING: DAMPAK RATCHETING ANGGARAN TERHADAP PENCAPAIAN MUTU PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN SE-WILAYAH KOTA MADIUN Zuriah Apriliantin; Y Anni Aryani
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.842 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ratcheting anggaran terhadap pencapaian mutu pendidikan. Ratcheting anggaran diukur dengan cara menghitung persentase varian anggaran tahun 2012 dan tahun 2013 pada   pos anggaran gaji, perlengkapan dan bahan pembelajaran, serta anggaran non-instruksional. Mutu pendidikan diukur melalui pencapaian hasil rata-rata nilai ujian akhir nasional (NUN). Penelitian ini menggunakan data sekunder dari lembaga pendidikan. Dari 151 lembaga pendidikan yang ada di Wilayah Kota Madiun, yang dapat digunakan untuk penelitian sebanyak 42 lembaga dengan metode penelitian untuk mengukur ratcheting anggaran menggunakan regresi berganda (multiple regression) sedangkan untuk menguji pengaruh ratcheting anggaran terhadap pencapaian mutu pendidikan menggunakan regresi sederhana (ordinary regression). Hasil penelitian menemukan bahwa Ratcheting anggaran berpengaruh negatif terhadap pencapaian mutu pendidikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa belum tentu peningkatan ratcheting anggaran diikuti oleh peningkatan pencapaian mutu pendidikan
AKUNTANSI KETOPRAK: SEBUAH PENDEKATAN ETNOGRAFI MASYARAKAT SENI KETOPRAK DI PATI Purweni Widhianningrum; Nik Amah
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.427 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaknai praktik akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak di Pati, dan untuk mengetahui rekonstruksi konsep akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak yang sarat dengan nilai budaya lokal. Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah seni pertunjukan rakyat tradisional yang menampilkan sandiwara diselingi dengan lagu-lagu Jawa dan diiringi gamelan (alat musik tradisional Jawa). Seni ketoprak yang ada di Pati kebanyakan adalah ketoprak tanggapan yaitu ketoprak yang dihelat karena adanya permintaan pada suatu hajatan. Penulis mengamati seni ketoprak di Pati sebagai sebuah organisasi dan sarana penghidupan bagi seniman yang tergabung dalam grup seni ketoprak tersebut. Data diperoleh dari informan (anggota dari kelompok budaya seni ketoprak di Pati) melalui pengamatan berpartisipasi, wawancara mendalam dengan para informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi ekonomi yang diperoleh hanyalah sebagai sarana untuk melestarikan serta menjamin kelangsungan hidup kelompok seni ketoprak. Hasil rekonstruksi konsep akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak menunjukkan bahwa akuntansi dipandang sebagai kegiatan pencatatan yang berhubungan dengan angka serta kalkulasi dalam kegiatan ekonomi yang sarat dengan nilai kejujuran serta tanggung jawab
PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN TEMUAN AUDIT BPK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2011 Yayuk Harumiati; Payamta Payamta
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.213 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1244

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh karakteristik pemerintah daerah dan temuan audit BPK terhadap kinerja penyelenggara pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia tahun anggaran 2011. Metode pengukuran kinerja dengan menggunakan pedoman Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah (EKPPD), dimana sumber EKPPD berasal dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Penelitian ini menggunakan populasi semua pemerintah daerah di Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling yaitu dengan cara memilih pemerintah kabupaten/kota yang memenuhi kriteria yang ditetapkan  penulis. Sampel  dalam penelitian ini adalah sebanyak 243 pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa secara rata-rata kinerja penyelenggara pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil olah statistik SPSS dengan regresi linear dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa tingkat kekayaan daerah (PAD), belanja modal (BM), dan temuan audit (TEMUAN) berpengaruh signifikan terhadap kinerja penyelenggara pemerintah daerah, tetapi untuk variabel belanja modal (BM) arah tersebut tidak sesuai dengan hipotesis penelitian karena hasilnya adalah negatif. Sementara itu untuk variabel ukuran daerah (ASET) tidak berpengaruh terhadap kinerja penyelenggara pemerintah daerah dengan tingkat signifikansi 5%, dan hanya berpengaruh pada tingkat signifikansi 10%. Variabel tingkat ketergantungan pada pemerintah pusat (DAU) dan status daerah (STATUS) tidak berpengaruh terhadap kinerja penyelenggara pemerintah daerah.
PENGARUH METODE DISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DD-CT (DEEP DIALOGUE-CRITICAL THINKING) DENGAN PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 GEGER MADIUN Alfi Qurrota A’yuni; Satrijo Budiwibowo
Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.064 KB) | DOI: 10.25273/jap.v3i2.1214

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Apakah metode diskusi dengan model pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue-Critical Thinking)  dengan pemberian penguatan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan menyiapkan pengelolaan kartu aktiva tetap, 2) Apakah metode diskusi dengan model pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue- Critical Thinking)  tanpa pemberian penguatan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan menyiapkan pengelolaan kartu aktiva tetap. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Geger sejumlah 62 siswa. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh yaitu penentuan sampelnya sejumlah populasi, 30 siswa kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik. Hasil uji hipotesis dengan uji-t (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung = 1,833 dan ttabel = 1,645 sehingga thitung > ttabel, berdasarkan kriteria maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa Metode diskusi dengan model pembelajaran DD–CT (Deep Dialogue- Critical Thinking) dengan pemberian penguatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger

Page 1 of 2 | Total Record : 11